Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Yesus menampakkan diri ke Murid-Nya

Khotbah Minggu, 12 Mei 2019
Pembicara : Pdt. Hezron Sibarani
 
Kisah Para Rasul 1:3 (TB)  Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. 
 
* Kenapa Yesus menampakkan diri ke murid-Nya sebelum Ia naik ke Surga ???
 
1. Membuktikan apa yang dikatakan / di Firmankan-Nya itu benar, bahwa Tuhan Yesus itu adalah Allah yang hidup.
Firman Tuhan mengatakan bahwa seorang anak manusia akan di tangkap, di salibkan dan akan bangkit.
 
2. Membuktikan bahwa Yesus tetap peduli kepada murid-Nya.
 
Yohanes 20:19 (TB)  Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”
Yohanes 20:20 (TB)  Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.
 
3. Membuktikan bahwa kuasa-Nya tetap menyertai setiap orang yang percaya
 
Yohanes 21:1-2 (TB)  Kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias dan Ia menampakkan diri sebagai berikut.
Di pantai itu berkumpul Simon Petrus, Tomas yang disebut Didimus, Natanael dari Kana yang di Galilea, anak-anak Zebedeus dan dua orang murid-Nya yang lain.
 
Yohanes 21:3 (TB)  Kata Simon Petrus kepada mereka: “Aku pergi menangkap ikan.” Kata mereka kepadanya: “Kami pergi juga dengan engkau.” Mereka berangkat lalu naik ke perahu, tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa. 
 
Yohanes 21:4 (TB)  Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus.
 
Yohanes 21:5 (TB)  Kata Yesus kepada mereka: “Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?” Jawab mereka: “Tidak ada.” 
 
Disaat Simon Petrus mengambil keputusan untuk menjadi nelayan kembali dan menjala ikan, sepanjang hari itu pun ia tidak mendapatkan hasil apa-apa karena ia tidak bersama dengan Yesus, bahkan disaat Yesus menghampiri dan bertanya, mereka pun tidak mengenal-Nya .
 
Yohanes 21:6 (TB)  Maka kata Yesus kepada mereka: “Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh.” Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan.  
 
Disaat mereka yang ada di perahu itu mau mengikuti apa yang diperintahkan Yesus, maka mereka mendapatkan hasil yang baik. Yesus membuktikan bahwa kuasa-Nya selalu menyertai setiap kita yang mau mengikuti perintah dan percaya kepada-Nya.
 
4. Untuk mengingatkan dan memulihkan Iman murid-murid-Nya
 
Yohanes 21:7 (TB)  Maka murid yang dikasihi Yesus itu berkata kepada Petrus: “Itu Tuhan.” Ketika Petrus mendengar, bahwa itu adalah Tuhan, maka ia mengenakan pakaiannya, sebab ia tidak berpakaian, lalu terjun ke dalam danau.
 
Jangan pernah kita melupakan Tuhan, disaat hal apapun yang terjadi, pencobaan apapun yang sedang kita hadapi, dan seperti tidak ada jalan keluar lagi, tetaplah kita selalu berharap pada Tuhan karena Mujizat nya nyata bagi orang yang percaya.
 
Yohanes 21:8-9 (TB)  Murid-murid yang lain datang dengan perahu karena mereka tidak jauh dari darat, hanya kira-kira dua ratus hasta saja dan mereka menghela jala yang penuh ikan itu.
Ketika mereka tiba di darat, mereka melihat api arang dan di atasnya ikan dan roti. 
 
5. Agar Murid-Murid-Nya kembali untuk Menggembalakan Domba-Nya
 
Yohanes 21:15 (TB)  Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”
 
Yohanes 21:16 (TB)  Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”
 
Yohanes 21:17 (TB)  Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.
 
Yesus ingin setiap murid-Nya mengingat kembali saat kebersamaan dengan-Nya, tidak hanya tahu bahwa Yesus yang ditangkap dan disalibkan telah bangkit tanpa melakukan hal yang sudah diajarkan Yesus kepada murid-Nya itu.
 
Kisah Para Rasul 12:6-9 (TB)  Pada malam sebelum Herodes hendak menghadapkannya kepada orang banyak, Petrus tidur di antara dua orang prajurit, terbelenggu dengan dua rantai. Selain itu prajurit-prajurit pengawal sedang berkawal di muka pintu. 
Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan dekat Petrus dan cahaya bersinar dalam ruang itu. Malaikat itu menepuk Petrus untuk membangunkannya, katanya: “Bangunlah segera!” Maka gugurlah rantai itu dari tangan Petrus. 
Lalu kata malaikat itu kepadanya: “Ikatlah pinggangmu dan kenakanlah sepatumu!” Ia pun berbuat demikian. Lalu malaikat itu berkata kepadanya: “Kenakanlah jubahmu dan ikutlah aku!”
Lalu ia mengikuti malaikat itu ke luar dan ia tidak tahu, bahwa apa yang dilakukan malaikat itu sungguh-sungguh terjadi, sangkanya ia melihat suatu penglihatan.
 
Disaat Simon Petrus mau mengikuti apa yang diajarkan dan diperintahkan Yesus, ia mampu menghadapi segala masalah.
Bahkan rantai yang mengikat dan membelenggunya, seketika itu juga gugur dari padanya.
 
Begitu juga dengan kita. Tuhan ingin bukti dan ingin melihat bahwa kita selalu mengikuti apa yang diajarkan oleh-Nya.
Tidak hanya mengerti jika Yesus telah bangkit, tetapi juga menjalankan setiap perintah-Nya.
Karena didalam Tuhan, Mujizat itu ada, dan kuasa-Nya selalu menyertai setiap kita yang mau menerima-Nya dan Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Amin

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *