Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Yesus diserahkan kepada Pilatus Kematian Yudas

Khotbah Jumat Agung, 19 April 2019

Pembicara : Pdm. Muradi S

Matius 27:1-10

Ketika hari mulai siang, semua imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi berkumpul dan mengambil keputusan untuk membunuh c  Yesus. 27:2Mereka membelenggu Dia, lalu membawa-Nya dan menyerahkan-Nya d  kepada Pilatus 1 , wali negeri e  itu.

27:3 Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, f  melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia 2 . Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak g  itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua, 27:4 dan berkata: “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah.”Tetapi jawab mereka: “Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri! h 

27:5 3 Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, i  lalu pergi dari situ dan menggantung diri. j 

27:6 Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.” 27:7 Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.27:8 Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah. k  27:9 Dengan demikian genaplah l  firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia 4 : “Mereka menerima tiga puluh uang perak, yaitu harga yang ditetapkan untuk seorang menurut penilaian yang berlaku di antara orang Israel, 27:10 dan mereka memberikan uang itu untuk tanah tukang periuk, seperti yang dipesankan Tuhan kepadaku.

 

Ini adalah kisah dimana Yudas, salah seorang murid Tuhan Yesus. 

Yudas tergoda untuk mendapatkan uang sebanyak 30 keping uang perak. Perkiraan nilai uang perak adalah sekitar Rp 250 ribu per keping atau sekitar Rp 7.5 juta untuk 30 keping.

Yudas berbuat dosa dan urutan dia jatuh dalam dosa adalah, dia dihadapkan kepada pilihan :

  1. Mendapat Uang Rp 7.5 juta tetapi harus menyerahkan Yesus.
  2. dan pilihan kedua adalah setia kepada Tuhan Yesus.

 

Yudas mengkhianati Yesus

Matius 26:14 

Kemudian pergilah seorang dari kedua belas murid itu, yang bernama Yudas Iskariot, u  kepada imam-imam kepala. 26:15 Ia berkata: “Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?” Mereka membayar tiga puluh uang perak v  kepadanya. 26:16 Dan mulai saat itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus.

 

Saya yakin Yudas yang adalah murid Tuhan Yesus, dia sering mendengar pengajaran Tuhan, sering mendengar Firman Tuhan, sering ke Gereja.

Tetapi saat ia dihadapkan pada 2 pilihan ini, Yudas akhirnya memilih untuk mengambil 30 keping uang perak dan menyerahkan Yesus kepada imam-imam kepala.

Matius 27:3 

Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, f  melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia 2 . Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak g  itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua, 27:4 dan berkata: “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah.” Tetapi jawab mereka: “Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!

 

Tetapi Yudas tidak pernah menyangka akibat dari pilihan dia. Yudas awalnya menyangka hanya menyerahkan Tuhan Yesus saja dan kemudian Tuhan Yesus diinterogasi dan dilepas kembali. Namun kenyataannya Tuhan Yesus yang sudah ditangkap itu dijatuhi hukuman mati.

  • Yudas sangat kaget dan sangat menyesal. Dia benar-benar tidak meyangka kalau akibat dari perbuatannya itu, Tuhan Yesus yang adalah gurunya itu akan dihukum mati.
  • Setelah menyesal Yudas ingin mengembalikan Tuhan Yesus dengan cara mengembalikan uang perak itu kepada imam-imam kepala, tetapi mereka menolaknya.
  • Yudas tergoda dengan uang 30 keping uang perak, dan dia membayangkan uang sebesar itu akan dia nikmati.
  • Setelah tergoda, Yudas melakukan dosa, yaitu menghianati Tuhan Yesus.
  • Yudas melihat akibat dosanya itu sangat mengejutkan dia sehingga dia menyesal.
  • Dia bahkan mengaku dosa, sayangnya mengaku dosa dihadapan imam-imam kepala.

 

Matius 27:5  Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, i  lalu pergi dari situ dan menggantung diri.

Yudas tidak mengalami pengampunan, bukan karena Tuhan tidak mengampuni dia. Yudas tidak membuka hatinya untuk menerima pengampunan.

Jika kita bandingkan dengan Petrus yang menyangkal Yesus 3 kali, Petrus pun sangat menyesal telah berdosa, dia menangis dengan sedihnya. Tetapi Petrus membuka dirinya terhadap pengampunan Tuhan. Sehingga akhir hidupnya ia dipakai untuk memuliakan nama Tuhan.

Matius 26:75 Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: “Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali. b ” Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya

 

Markus 3:28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. 3:29 Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus 5 , ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal

Semua manusia sudah jatuh ke dalam dosa, tidak ada yang benar dan saleh.

Pengkhotbah 7:20 Sesungguhnya, di bumi tidak ada orang yang saleh: t  yang berbuat baik dan tak pernah berbuat dosa

Tetapi Yudas dan Petrus memiliki akhir hidup yang berbeda. Yudas menggantung diri dan tidak mengalami pengampunan dosa, sedangkan Petrus mengalami pengampunan dosa dan hidpunya dipakai untuk kemuliaan Tuhan.

Petrus menerima pengampunan dosa, karena dia membuka hatinya untuk Tuhan dan berkarya dalam hidupnya. Yudas sudah menutup hatinya dan menghukum dirinya sendiri.

 

Wahyu 12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga o  berkata: “Sekarang telah tiba keselamatan p  dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara q  kita 8 , yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita

Iblis akan mendakwa kita siang dan malam, membuat kita lupa bahwa Kristus telah mengalahkan dosa, menanggung dosa kita sehingga kita diampuni dan menerima berkat Abraham.

2 Petrus 3:9 

Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, x  sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar y  terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa 4 , melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. z  3:10 Tetapi hari Tuhan 5  akan tiba seperti pencuri. a Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh b  yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, c  dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap

 

Yudas, tergoda saat dihadapkan pilihan kepadanya.

Yudas mengambil pilihan yang kelihatannya enak dan bisa dia nikmati yaitu 30 uang perak.

Yudas sangat kaget dengan akibat dari dosa pilihannya itu

Yudas menyesal sekali bahkan mengaku dosa, tetapi Yudas tidak membuka hati untuk menerima pengampunan dosa dan dia menghukum dirinya sendiri dengan menganngtung diri.

Kita bisa saja jatuh dalam dosa, dan akibat dari dosa kita adalah suatu hal yang dapat mengagetkan kita,

Dosa adalah penghambat keselamatan

Yesaya 59:1 Sesungguhnya, tangan a  TUHAN tidak kurang panjang 1  b  untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; c 59:2 tetapi yang merupakan pemisah d  antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu 2 , dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, e  ialah segala dosamu.

Tetapi Tuhan Yesus sudah mati dikayu salib, hari ini kita peringati.

Galatia 3:13 

Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat q  dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib! r ” 3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia s  berkat Abraham 6  sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh t  yang telah dijanjikan itu.

Tuhan Yesus telah menebus kita dari segala dosa kita, bertobatlah, dan jangan berbuat dosa lagi. Maka kita akan menikmati berkat dari Tuhan kita yaitu berkat bapa Abraham. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *