Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Terus Bekerja

Khotbah Minggu, 01 Maret 2020
Pembicara : Pdt. Wahyu Seharja

Setiap anak Tuhan harus “Bekerja”

Filipi 1:21-22
21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 
22 Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu.

Iman tanpa perbuatan adalah iman yang mati, iman yang tidak berguna. Setiap anak Tuhan harus melakukan sesuatu, yaitu bekerja. Kitab Filipi 1:22 Rasul Paulus mengajarkan kita untuk bekerja, yaitu bekerja menghasilkan buah.

2 Tesalonika 3:10 Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

Pengajaran dalam Alkitab diajarkan kalau tidak mau bekerja, tidak mau bekerja, ia tidak boleh makan. Perkataan tidak mau bekerja dilanjutkan dengan perintah jangan makan.

Betapa penting setiap anak Tuhan untuk bekerja, bekerja untuk kebutuhan jasmani dan bekerja untuk rohani kita. Pekerjaan yang penting yaitu berbuat, melakukan sesuatu untuk menghasilkan buah sesuai Firman Tuhan.

Contoh pekerjaan yang dikehendaki Tuhan, “kasih”, ” berdoa” bahkan berdoa untuk musuh atau orang yang membenci kita.

Sekali pengajaran Tuhan mengajarkan bahwa yang tidak mau bekerja janganlah ia makan.

Orang yang tidak bekerja untuk menghasilkan buah sesuai kehendak Tuhan, jangan pernah berharap mendapat berkat.

Yohanes 6:25-29
25 Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya: “Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?”
26 Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.
27 Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.”
28 Lalu kata mereka kepada-Nya: “Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?”
29 Jawab Yesus kepada mereka: “Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”

Tuhan Yesus mengajarkan suatu pekerjaan.. : “Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”

Percaya kepada Tuhan Yesus adalah pekerjaan yang dikehendaki Allah. Orang yang percaya kepada Tuhan Yesus akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, dan bahkan akan melakukan pekerjaan yang lebih besar.

Perlu kita berpikir apakah kita sudah “bekerja”? Apakah kita sudah sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan Yesus. Tanda kita sudah percaya sungguh kepada-Nya adalah hidup kita yang suka melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Tuhan lakukan.

Yohanes 6:30-35
30 Maka kata mereka kepada-Nya: “Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya dapat kami melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engkau lakukan?
31 Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka diberi-Nya makan roti dari sorga.” 
32 Maka kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan Musa yang memberikan kamu roti dari sorga, melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari sorga.
33 Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia.”
34 Maka kata mereka kepada-Nya: “Tuhan, berikanlah kami roti itu senantiasa.” 
35 Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

Untuk kita dapat tetap kuat bekerja untuk Tuhan, kuat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dikehendaki Tuhan kita perlu makan “Roti” yaitu Roti hidup.

Roti hidup artinya datang menikmati Firman Tuhan. Firman Tuhan akan membuat kita hidup. Tanpa Firman Tuhan, rohani kita akan mati dan membuat kita tidak mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan Tuhan.

Bagaimana kita menerima Firman Tuhan dan mendapatkan kekuatan dari Firman Tuhan?

“Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.”

Yaitu : Datang kepada Tuhan, percaya dan melakukan segala yang diperintahkan Tuhan.

Wahyu 22:11 Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!” 

Mari kita perhatikan perkataan “biarlah ia terus berbuat kebenaran” . Jangan pernah berhenti bekerja yaitu terus berbuat kebenaran.

Wahyu 21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi.

Wahyu 21:2-4
2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya. 
3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka. 
4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”

Wahyu 21:7 Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku. 

Hanya orang yang terus bekerja, iman yang berbuat, melakukan pekerjaan yang dikehendaki Tuhan akan menerima kemenangan. Kemenangan dari Tuhan.

Tuhan memberkati kita semua. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *