Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Memiliki Sukacita Dari Tuhan

Khotbah Minggu, 16 Februari 2020
Pembicara : Pdt. Pieter Bow
 
Filipi 4:4 Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! 
 
Ayat ini memiliki 2 tanda seru. Artinya ayat ini merupakan perintah. Kita diperintahkan untuk bersuka cita senantiasa setiap saat.
 
Mazmur 16:11 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa. 
 
Sukacita itu ada berlimpah-limpah kalau datangnya dari Tuhan.
 
Mazmur 5-12 Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu. 
 
Banyak orang berlimpah hartanya, tetapi tidak memiliki suka cita.
 
Waktu Tuhan Yesus berbicara kepada perempuan Samaria di pinggir sungai Yakub, berkata bahwa kalau minum air dari sumur ini akan haus lagi, tetapi kalau minum air hidup yang dari Tuhan tidak akan haus lagi.
 
Bagaimana memiliki sukacita dari Tuhan?
 
1. Kenali sumber sukacita.
 
Yaitu sukacita yang sebenarnya hanya dari Tuhan, yaitu sukacita dari Roh Kudus.
 
Kisah Para Rasul 16:6-7
6 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.
7 Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka. 
 
Roh Kudus yang merupakan pribadi dari Allah Tritunggal yang Esa. Roh Kudus memiliki kehendak dan keinginan. Roh Kudus inilah sumber sukacita.
 
Sebelum manusia diciptakan, Roh Kudus, yaitu Roh Allah melayang-layang di udara. Lalu saat manusia diciptakan, Allah menghembuskan Roh-Nya kepada manusia. Tetapi saat manusia jatuh dalam dosa manusia menjadi jauh dari Roh Kudus.
 
Lalu saat Tuhan Yesus turun ke dunia dan saat pencurahan Roh Kudus, saat Pentakosta, Roh Kudus memenuhi manusia yang percaya kepada-Nya dan yang hidupnya berkenan kepada-Nya.
 
Roh Kudus adalah sumber sukacita kita. Tiap hari kita minta Roh Kudus memenuhi hidup kita sehingga kita memiliki sukacita berlimpah.
 
2. Teladani orang-orang pilihan Tuhan yang tetap bersukacita saat dalam pergumulan.
 
Saat Tuhan Yesus di baptis Yohanes, Roh Kudus turun ke atas-Nya. Itulah Tuhan Yesus sebagai pribadi manusia saat mengalami penderitaan salib, Dia tidak bersungut-sungut, marah atau mengutuk, tetapi Tuhan Yesus tetap penuh dengan sukacita. Roh Kudus memberikan sukacita kepada Tuhan Yesus saat mengalami penderitaan.
 
Juga saat Rasul Paulus dibutakan oleh Tuhan Yesus, lalu dipulihkan dari buta nya dan dipenuhi Roh Kudus.
Saat Rasul Paulus dan Silas dipenjara (Kis 16:19-40). Menderita dalam penjara. Tetapi mereka tetap memuji Tuhan sehingga terjadi mujizat Tuhan.
 
Saat kita penuh Roh Kudus, dalam keadaan penderitaanpun kita dapat dimampukan untuk tetap memuji Tuhan.
 
Daud seorang raja yang dilantik Samuel waktu raja Saul masih berkuasa. Daud penuh Roh Kudus. 1 Samuel 30:6 Daud sedang dalam keadaan terjepit dimana musuh menawan bangsanya dan rakyatnya marah kepada Daud. Tetapi Daud tetap menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan.
 
3. Tetaplah berlindung kepada Tuhan.
 
Mazmur 5-12 Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu. 
 
Tetap berlindung dan bersandar kepada Tuhan.
 
Amsal 3:5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 
 
Jangan mengandalkan diri sendiri dan manusia tetapi sepenuhnya bersandar kepada Tuhan.
 
Daud seorang yang berkenan kepada Tuhan karena sepanjang hidupnya berusaha hidup menurut kehendak Tuhan. Menurut dan melakukan kehendak Tuhan adalah cara berserah kepada Tuhan.
 
Kiranya sukacita dari Tuhan berlimpah dalam hidup kita senantiasa. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *