Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Persiapan di Awal Tahun 2020

Khotbah Minggu, 05 Januari 2020
Pembicara : Pdm. Muradi S

Pada ibadah pertama di tahun 2020 ini ada beberapa hal yang akan menjadi petunjuk bagi kita agar kita siap menghadapi segala tantangan di tahun 2020 ini.

TUHAN lah penolong yang satu-satunya

Yesaya 31:1-3

1 Celakalah  orang-orang  yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya  yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus,  Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN. 2 Akan tetapi Dia yang bijaksana  akan mendatangkan malapetaka, dan tidak menarik firman-Nya;Ia akan bangkit melawan kaum penjahat, dan melawan bala bantuan orang-orang lalim. 3 Sebab orang Mesir  adalah manusia, bukan allah,  dan kuda-kuda   mereka adalah makhluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Apabila TUHAN mengacungkan tangan-Nya, tergelincirlah yang membantu dan jatuhlah yang dibantu,  dan mereka sekaliannya habis binasa bersama-sama

Ayat-ayat ini merupakan nasehat Tuhan melalui nabi Yesaya. Pada waktu itu bangsa Israel diserang oleh bangsa Asyur. Bangsa Asyur dikenal dengan pasukan berkudanya yang sangat besar. Orang-orang Israel dalam keadaan terdesak. Mereka memutuskan untuk minta pertolongan kepada bangsa Mesir yang saat itu merupakan bangsa yang memiliki pasukan kuda yang sangat besar bahkan dapat diperkirakan lebih besar dari pasukan berkuda bangsa Asyur.

Bukan Mesir tetapi TUHAN yang memberi pertolongan

Yesaya 30:1-2

1 Celakalah   anak-anak  pemberontak, demikianlah firman TUHAN, yang melaksanakan suatu rancangan yang bukan dari pada-Ku , yang memasuki suatu persekutuan,  yang bukan oleh dorongan Roh-Ku, sehingga dosa mereka bertambah-tambah, 2 yang berangkat ke Mesir  dengan tidak meminta keputusan-Ku,  untuk berlindung  pada Firaun dan untuk berteduh  di bawah naungan Mesir

Tuhan begitu marah kepada bangsa Israel karena mereka minta pertolongan, mengandalkan dan percaya kepada manusia. Tuhan marah karena mereka tidak memandang dan tidak mencari Tuhan.

Yesaya 31 ayat 3 dikatakan orang Mesir adalah manusia bukan allah dan kuda-kuda mereka adalah mahluk lemah dan bukan roh yang berkuasa.

Yesaya 30:3 Tetapi perlindungan Firaun akan memalukan kamu, dan perteduhan di bawah naungan  Mesir akan menodai  kamu.

Ada 3 hal yang kita dapat pelajari dari ayat-ayat di atas.

DAHSYAT. Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang dahsyat. Bukan hanya dapat melakukan banyak mujizat, tetapi Dia juga sanggup mendatangkan malapetaka.

Yesaya 31 ayat 3 dikatakan orang Mesir adalah manusia bukan allah dan kuda-kuda mereka adalah mahluk lemah dan bukan roh yang berkuasa.

Allah bukan manusia, Allah adalah Roh yang berkuasa.

Amos 4:13 Sebab sesungguhnya, Dia yang membentuk gunung-gunung   dan menciptakan angin, yang memberitahukan kepada manusia apa yang dipikirkan-Nya, yang membuat fajar dan kegelapan dan yang berjejak di atas bukit-bukit bumi TUHAN, Allah semesta alam, itulah nama-Nya.

Di awal tahun ini, kata DAHSYAT, yaitu Allah kita, Allah yang berkuasa yang sanggup melakukan segala sesuatu.

Orang lumpuh disembuhkan

Matius 9:1 Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri. 9:2 Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh l  yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman   mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Percayalah,  hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni. ” 9:3 Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: “Ia menghujat  Allah.” 9:4 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka,   lalu berkata: “Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? 9:5 Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah? 9:6 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia  berkuasa mengampuni dosa” –lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu–:”Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!” 9:7 Dan orang itupun bangun lalu pulang.9:8 Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.

Matius 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan  segala kuasa di sorga dan di bumi. 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa  murid-Ku dan baptislah  mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 28:20 dan ajarlah  mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.  “

Jangan ragu lagi, mari kita mulai tahun 2020 dengan selalu memperkatakan dan mengimani bahwa Allah kita DAHSYAT.

DATANG. Datang pada Tuhan. Tahun 2020 diawali dengan banjir besar. Diramalkan seperti tahun 2019 adalah tahun yang banyak tantangan berat. Akan semakin berat kalau kita tidak suka DATANG kepada Tuhan

Yesaya 31:1 Celakalah  orang-orang  yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya  yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus,  Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN.

Mengapa Tuhan marah waktu kita tidak mencari Dia saat menghadapi badai persoalaan?  Karena saat kita kita tidak mencari Tuhan dan mengandalkan selain Tuhan kita sedang tidak memandang Dia. Artinya kita meremehkan Tuhan.

Yeremia 17:7 Diberkatilah  orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! 8. Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air,  dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering,  dan yang tidak berhenti menghasilkan buah

Tinggal di DALAM Tuhan.
Pokok anggur yang benar

Yohanes 15:1 “Akulah  pokok anggur  yang benar   dan Bapa-Kulah pengusahanya. 2.Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah,  dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. 3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.  4. Tinggallah di dalam Aku  dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. 5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. 6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting  dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. 7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku  dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki  , dan kamu akan menerimanya. 8 Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku

Setelah kita mengimani bahwa Allah kita DAHSYAT, kita akan selalu DATANG kepada Tuhan dalam keadaan apapun hidup kita dan yang terakhir adalah kita tinggal di DALAM Dia.

Kata tinggal di DALAM Dia digambarkan dalam kitab Yohanes 15 ini, yaitu seperti ranting yang menempel pada batang pohon. Selalu ada dalam pemeliharaan Tuhan. Saat kita mulai berbuah sedikit, kita dibersihkan-Nya.

Tinggal di DALAM Dia artinya memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan. Bahkan sangat dekat dengan Tuhan. Tidak menjauh dari Tuhan saat diberkati luar biasa, tidak lari kepada yang bukan Tuhan saat menghadapi persoalan. Dalam keadaan apapun kita mau tetap dekat kepada Tuhan.

Percayalah tahun ini adalah tahun kita mulai berbuah bahkan berbuah banyak.

Ingat 3D:

1. DAHSYAT, Tuhan kita DAHSYAT
2. DATANG, selalu DATANG hanya kepada Tuhan
3. Tinggal di DALAM Tuhan

Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *