Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Kita dipilih untuk dikasihi-Nya

Khotbah Minggu, 08 Desember 2019
Pembicara : Pdm. Muradi S

Israel hamba TUHAN
Yesaya 41:8-17

8 Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku,  hai Yakub, yang telah Kupilih   keturunan Abraham, yang Kukasihi;

9 engkau yang telah Kuambil dari ujung-ujung bumi  dan yang telah Kupanggil  dari penjuru-penjurunya, Aku berkata kepadamu: “Engkau hamba-Ku, Aku telah memilih   engkau dan tidak menolak engkau”; 
10 janganlah takut,  sebab Aku menyertai engkau ,  janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan,  bahkan akan menolong  engkau; Aku akan memegang engkau   dengan tangan  kanan-Ku yang membawa kemenangan. 
11 Sesungguhnya, semua orang yang bangkit amarahnya terhadap engkau akan mendapat malu dan kena noda; orang-orang yang membantah engkau akan seperti tidak ada dan akan binasa;

12 engkau akan mencari orang-orang yang berkelahi dengan engkau, tetapi tidak akan menemui mereka;  orang-orang yang berperang melawan engkau akan seperti tidak ada dan hampa.
13 Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.”

14 Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel  Akulah yang menolong engkau, demikianlah firman TUHAN, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel. 
15 Sesungguhnya, Aku membuat engkau menjadi papan pengirik  yang tajam dan baru, dengan gigi dua jajar; engkau akan mengirik gunung-gunung dan menghancurkannya, dan bukit-bukitpun akan kaubuat seperti sekam. 
16 Engkau akan menampi  mereka, lalu angin akan menerbangkan mereka, dan badai  akan menyerakkan mereka. Tetapi engkau ini akan bersorak-sorak di dalam TUHAN dan bermegah di dalam Yang Mahakudus,  Allah Israel. 
17 Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air,  tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; tetapi Aku, TUHAN, akan menjawab mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka. 

Tuhan memanggil kita, Dia memilih kita agar kita dapat dikasihi-Nya.

Jadi kita semua yang hari ini memanggil nama Yesus sebagai Tuhan, yang memuji menyembah-Nya dan yang menuruti Firman-Nya, itu bukan kebetulan, buka juga karena perbuatan manusia kita dapat menjadi seperti saat ini. Tetapi semua itu karena Tuhan telah memilih kita.

Pasal 40-55 Kitab Yesaya ditujukan kepada orang-orang Yehuda yang hidup dalam pembuangan di Babel. Mereka dalam keadaan hancur tanpa harapan. Yesaya memberitakan bahwa tak lama lagi Tuhan membebaskan umat-Nya dan membawa mereka pulang ke Yerusalem, untuk memulai suatu hidup baru. Karena Tuhan telah memilih mereka.

Tuhan mau umat-Nya mengingat bahwa Tuhan telah memanggil bahkan memilih mereka dan mengasihi mereka.

Yohanes 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah  dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku,  diberikan-Nya kepadamu

Jadi keadaan apapun yang saat ini kita alami, apapun latar belakang kita, kita sangat bersyukur karena Tuhan telah memilih kita untuk menikmati kasih-Nya.
Masalah atau persoalan yang kita hadapi saat ini jangan membuat kita meninggalkan Tuhan dan menjadi lemah. Tuhan tetap sangat mengasihi kita.
Bukan manusia yang memilih Tuhan, tetapi Tuhan lah yang memilih kita untuk menjadi umat kesayanganNya.

Perumpamaan tentang perjamuan kawin
Matius 22:1-14

1 Lalu Yesus berbicara pula dalam perumpamaan kepada mereka:

2 “Hal Kerajaan Sorga seumpama   seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya.

3 Ia menyuruh hamba-hambanya   memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang.

4 Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini.

5 Tetapi orang-orang yang diundang itu tidak mengindahkannya; ada yang pergi ke ladangnya, ada yang pergi mengurus usahanya,

6 dan yang lain menangkap hamba-hambanya itu, menyiksanya dan membunuhnya.

7 Maka murkalah raja itu, lalu menyuruh pasukannya ke sana untuk membinasakan pembunuh-pembunuh itu dan membakar kota mereka.

8 Sesudah itu ia berkata kepada hamba-hambanya: Perjamuan kawin telah tersedia, tetapi orang-orang yang diundang tadi tidak layak untuk itu.

9 Sebab itu pergilah ke persimpangan-persimpangan jalan dan undanglah setiap orang yang kamu jumpai di sana ke perjamuan kawin itu.

10 Maka pergilah hamba-hamba itu dan mereka mengumpulkan semua orang yang dijumpainya di jalan-jalan, orang-orang jahat dan orang-orang baik, sehingga penuhlah ruangan perjamuan kawin itu dengan tamu.

11 Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta .

12 Ia berkata kepadanya: Hai saudara,  bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja.

13 Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.

14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih

Perumpamaan ini menggambarkan tentang Tuhan sudah memanggil umat-Nya. Tuhan panggil melalui hamba-hamba-Nya, Tuhan panggil melalui Firman-Nya, Tuhan juga panggil dengan ujian pencobaan. Tuhan mau kita menyambut panggilan-Nya. Karena Tuhan memanggil dan memilih kita untuk mengasihi kita.

Hari ini kita diingatkan 4 hal oleh Firman Tuhan, yaitu :

1.      Kita dipilih untuk dikasihi-Nya, 
2.      Tangan Tuhan akan selalu memegang kita
3.      Kita dibentuk jadi papan pengirik untuk menghacurkan segala beban dan dosa
4.      Tuhan selalu panggil kita, dan kita harus sambut panggilan-Nya dengan rendah hati.

Tuhan memberkati kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *