Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Bergaul Karib dengan Tuhan

Khotbah Minggu, 10 November 2019
Pembicara : Pdm. Yong Atmaja
 
Amsal 24:15 Jangan mengintai kediaman orang benar seperti orang fasik, jangan merusak rumahnya.
 
Siapa yang mengintai kediaman orang benar ? Iblis dengan segala tipu dayanya selalu mengintai kediaman orang benar, yaitu orang percaya.
 
1 Petrus 5:  8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.
 
Iblis selalu mengintai kita orang-orang percaya dan mencari celah untuk menjatuhkan kita.
 
Kalau kita tidak mempunyai kekuatan dari Tuhan, kita dapat dengan mudah dijatuhkan oleh iblis.
 
Kita harus memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan sama seperti Nuh yang bergaul erat dengan Tuhan.
 
Nuh berbicara kepada Tuhan dan juga mendengar suara Tuhan. Tuhan berbicara kepada Nuh dan Nuh pun mendengarkan suara Tuhan.
 
Waktu Nuh diperintah untuk membuat bahtera, dia mendengar dan melakukan suara Tuhan.
 
Kejadian 6:22  Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.
 
Nuh melakukan tepat seperti yang diperintahkan Tuhan.
 
Kalau kita memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan sama seperti Nuh, iblis tidak akan mampu menjatuhkan kita.
 
Ayub 1: 1 ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan
 
Ayub yang takut Tuhan dan soleh didatangi oleh iblis untuk dicobai, agar Ayub jatuh dan tidak lagi dekat Tuhan.
 
Ayub 1: 6 Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis. 
7 Maka bertanyalah TUHAN kepada Iblis: “Dari mana engkau?” Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: “Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi.” 
8 Lalu bertanyalah TUHAN kepada Iblis: “Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorang pun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.” 
9 Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: “Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah? 
10 Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu.
 
Kalau kita tidak bergaul dengan Tuhan dan malah bergaul dengan iblis, kita akan sangat mudah dijatuhkan oleh iblis.
 
Ayub seorang yang dekat dengan Tuhan, ia selalu dipagari oleh perlindungan Tuhan. 
 
Amsal 24:15 Jangan mengintai kediaman orang benar seperti orang fasik, jangan merusak rumahnya.
 
Kediaman orang benar diintai dan akan dirusak oleh iblis, tetapi hal ini tidak akan terjadi pada orang yang bergaul dengan Tuhan. Kita mungkin di intai tetapi iblis tidak akan mampu merusak kehidupan kita.
 
Sadrakh, Mesakh dan Abednego hidup benar dan bergaul dengan Tuhan sehingga walaupun menghadapi ujian dan cobaan yang berat mereka tetap dapat kuat. 
Mereka begitu kuat untuk tidak menyangkal Tuhan walaupun hukumannya mati.
 
Daniel 3:16 Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: “Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini. 
17 Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; 
18 tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.”
 
Dan ingat orang benar akan dipagari oleh perlindungan Tuhan. Tuhan tidak akan diam saja dan pasti akan menyertai anak-anak-Nya yang hidup benar.
 
Daniel 3:26 Lalu Nebukadnezar mendekati pintu perapian yang bernyala-nyala itu; berkatalah ia: “Sadrakh, Mesakh dan Abednego, hamba-hamba Allah yang maha tinggi, keluarlah dan datanglah ke mari!” Lalu keluarlah Sadrakh, Mesakh dan Abednego dari api itu. 
27 Dan para wakil raja, para penguasa, para bupati dan para menteri raja datang berkumpul; mereka melihat, bahwa tubuh orang-orang ini tidak mempan oleh api itu, bahwa rambut di kepala mereka tidak hangus, jubah mereka tidak berubah apa-apa, bahkan bau kebakaran pun tidak ada pada mereka.
 
Kita harus kuat dalam menghadapi ujian dan pencobaan dan jangan pernah menyangkal Tuhan. 
 
Matius 10:33 Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga.”
 
Kalau kita tetap kuat dan tidak menyangkal Tuhan, Tuhan akan melindungi dan memagari nya sehingga tidak akan jatuh. Orang benar itu biji mata Tuhan dan berharga di mata Tuhan.
 
Orang benar selalu bergaul erat dengan Tuhan. Bergaul dengan Tuhan berarti berbicara dengan Tuhan dan juga mendengarkan suara Tuhan. Ada Firman Tuhan dalam kehidupan kita.
 
Orang benar akan dipagari oleh Tuhan. Dalam keadaan apapun Tuhan tidak pernah meninggalkan anak-anak-Nya.
 
Orang benar tidak akan pernah menyangkal Tuhan. Kalau kita menyangkal Tuhan, Tuhan pun akan menyangkal kita.
 
Tuhan Yesus memberkati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *