Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Mengenal Kristus dengan benar

Khotbah Minggu, 20 Oktober 2019
Pembicara : Pdt Pieter Bow

2 Petrus 3: 18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Sebagai anak-anak Nya, sudah menjadi kewajiban kita untuk mengenal siapa Tuhan yang kita sembah.
Di dunia sekarang ini banyak kabar yang dapat membingungkan kita. Kalau kita tidak bertumbuh dalam pengenalan akan Kristus, maka kita bisa ikut tersesatkan.

Banyak ayat yang menerangkan secara detil mengenai Tuhan kita.

Yohanes 1: 3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan

Kita sering hanya mengenal Yesus sebatas setelah Dia lahir sampai Dia mati dan bangkit.

Yesus adalah Tuhan dan telah ada bahkan sebelum dunia dijadikan. Karena Yesus dan Bapa adalah satu.

1 Timotius 6:16
Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorang pun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.

Kejadian 3:15
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya

Yesus turun ke dunia menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia. Dia menjadi manusia untuk mengalami hukuman akibat dosa. Mati di salib sebagai tanda mengalami kutuk akibat dosa. Hal ini supaya kita semua yang penuh dosa ini dan percaya, bertobat dan menyerahkan diri kepada Tuhan dapat diselamatkan dan memperoleh hidup kekal.

Kejadian 3:15 ini tergenapi saat Yesus mati di kayu salib dan saat Yesus dibangkitkan adalah menggenapi Firman-Nya “engkau akan meremukan tumitnya”.

Saat Yesus bangkit, segala kuasa Iblis dihancurkan dan dikalahkan. Dia menang atas segala kuasa setan dan segala belenggunya.

Mazmur 2:7
Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: “Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.

Dari awal penciptaan Allah menggunakan kata “Kita” sebagai lambang dari Allah Tritunggal yang kudus, Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus yang merupakan satu Tuhan yang esa. Hal ini dinyatakan seperti ayat ini:

Kejadian 1: 26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Wahyu 19: 10 Maka tersungkurlah aku di depan kakinya untuk menyembah dia, tetapi ia berkata kepadaku: “Janganlah berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama dengan engkau dan saudara-saudaramu, yang memiliki kesaksian Yesus. Sembahlah Allah! Karena kesaksian Yesus adalah roh nubuat.

Rasul Yohanes waktu di pulau Patmos, malaikat mengunjungi Yohanes. Yohanes menyembah malaikat itu, tetapi malaikat melarangnya untuk menyembah.

Tuhan Yesus sudah ada sejak jaman awal bahkan sebelum dunia dijadikan.

Ibrani 1:5-6 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: “Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?” dan “Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?” 6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: “Semua malaikat Allah harus menyembah Dia.”

Mikha 5:1
Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.

Tuhan yang kita sembah adalah Anak Allah yang hidup.
Yesus yang dilahirkan di Betlehem adalah permulaan Dia berkarya di dunia. Tetapi Yesus sudah ada sejak jaman kekekalan.
Yesus turun ke dunia dilahirkan dari Roh Kudus.
Yesus yang kita sembah akan datang kembali pada akhir jaman untuk menghakimi semua umat manusia.

Mulai hari ini jangan kita ragu lagi bahwa Yesus adalah Tuhan dan juruselamat kita. Percayalah kalau kita percaya Yesus dosa kita akan diampuni, kita akan beroleh keselamatan dan hidup kekal.

Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *