Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Beban dan Dosa yang Begitu Merintangi

Khotbah Minggu, 22 September 2019

Pembicara : Pdm. Muradi S

Nasihat supaya bertekun dalam iman

Ibrani 12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba g  dengan tekun h  dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita 1 12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus 2 , i  yang memimpin j kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan k  tekun memikul salib l  ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

Di ayat-ayat ini ada 2 hal yang begitu merintangi kita dalam kehidupan ini, yaitu beban dan dosa.

  • Yang pertama adalah dosa.

Yesaya 59:1 Sesungguhnya, tangan a  TUHAN tidak kurang panjang 1  b  untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; c  59:2 tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu 2 , dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, e  ialah segala dosamu.

Mazmur 66:18 Seandainya ada niat jahat 2  dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar. 66:19 Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan

Bahkan disaat kita baru memiliki niat yang tidak benar saja Tuhan tidak mau mendengar kita.

  • Lalu yang kedua adalah beban.

Imamat 26:13 Akulah TUHAN, Allahmu, o  yang membawa kamu keluar dari tanah Mesir, p  supaya kamu jangan lagi menjadi budak mereka. Aku telah mematahkan kayu kuk   yang di atasmu dan membuat kamu berjalan tegak

Untuk dosa, kita mengerti bahwa segala yang bertentangan dengan kehendak Tuhan akan membuat kita jatuh dalam dosa.

Sedangkan beban adalah sesuatu yang memperbudak kita, menekan kita dan juga mengikat kita.

Kedua hal ini yang begitu merintangi kita untuk maju menuju kemenangan.

Kesenangan dunia, pekerjaan, masalah itu bisa menjadi beban bagi kita dan akan begitu merintangi kita untuk berlomba mencapai kemenangan.

2 hal yang begitu merintangi kita dapat diatasi dengan mata yang tertuju kepada Yesus.

Ibrani 12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus 2 , i  yang memimpin j kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan k  tekun memikul salib l  ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

Ibrani12:22 Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, p  ke kota q  Allah r  yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah, 12:23 dan kepada jemaat anak-anak sulung, t  yang namanya terdaftar di sorga, u  dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang,v  dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna, w  12:24 dan kepada Yesus, Pengantara x  perjanjian baru, dan kepada darah y pemercikan, yang berbicara lebih kuat dari pada darah Habel. z  12:25 Jagalah supaya kamu jangan menolak a  Dia, yang berfirman. b  Sebab jikalau mereka, yang menolak Dia yang menyampaikan firman c  Allah di bumi, tidak luput, apa lagi kita, jika kita berpaling dari Dia yang berbicara dari sorga? d  12:26Waktu itu suara-Nya menggoncangkan bumi 7 , e  tetapi sekarang Ia memberikan janji: “Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit f  juga.” 12:27 Ungkapan “Satu kali lagi” menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan, g  karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan. 12:28 Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, h  marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut. i  12:29 Sebab Allah kita adalah api j  yang menghanguskan.

Mata yang tertuju kepada Yesus dapat kita bandingkan dengan kata “pelihara ibadah ini” dalam kitab Keluaran 12:25.

Keluaran 12:25 Dan apabila kamu tiba di negeri j  yang akan diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang difirmankan-Nya, maka kamu harus pelihara ibadah ini

Tuhan berjanji akan membebaskan bangsa Israel dari beban perbudakan, tetapi Tuhan minta bangsa Israel untuk memelihara IBADAH.

Ibadah bukan hanya ada di Gereja, tetapi ibadah di Gereja adalah harus. Roma 12:1 menjelaskan ibadah yang benar yaitu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup

Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, f  supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan g yang hidup 1 , yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Jadi beban dan dosa akan begitu merintangi kita untuk meraih kemenangan, tetapi Tuhan mengajarkan kepada kita untuk memiliki mata yang tertuju kepada Yesus.

Tetap pelihara ibadah yaitu ibadah yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat, takut dan mempersembahkan tubuh kita sebagai persembahan yang hidup.

Maka segala beban dan dosa akan dihancurkan sehingga kita akan bisa menuju tujuan kemenangan yang sudah disediakan Tuhan. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *