Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Jangan Tinggalkan Yerusalem

Khotbah Minggu, 15 September 2019

Pembicara : Pdm. Yong Atmaja

Kisah Para Rasul 1:4 (TB) Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang — demikian kata-Nya —”telah kamu dengar dari pada-Ku.

Mengapa Tuhan melarang murid-murid-Nya meninggalkan Yerusalem?

Jawabannya ada di nubuat nabi Yesaya:

Yesaya 4:3 (TB) Dan orang yang tertinggal di Sion dan yang tersisa di Yerusalem akan disebut kudus, yakni setiap orang di Yerusalem yang tercatat untuk beroleh hidup,

Kita bersyukur kepada Tuhan karena kita tetap diberi kesempatan untuk tetap tinggal di dalam Tuhan, yang digambarkan sebagai Yerusalem atau juga Sion.

Jangan kita tinggalkan ibadah dalam segala kesibukan saya. Karena kalau kita tetap di dalam Tuhan kita akan disebut kudus dan kita akan tercatat untuk memperoleh hidup, yaitu keselamatan kekal.

Yesaya 41:9 (TB) engkau yang telah Kuambil dari ujung-ujung bumi dan yang telah Kupanggil dari penjuru-penjurunya, Aku berkata kepadamu: “Engkau hamba-Ku, Aku telah memilih engkau dan tidak menolak engkau”; 

Dari berbagai daerah, dari berbagai latar belakang, Tuhan telah memilih kita sebagai hamba-Nya.

Yesaya 41:10 (TB) janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. 

Tuhan juga mengatakan untuk kita tidak perlu takut, bimbang, karena Tuhan sebagai Tuhan dan Allah kita yang akan meneguhkan kita, yang akan memberi kita kekuatan kepada kita asal kita tidak meninggalkan Yerusalem atau meninggalkan Tuhan.

Tanpa kekuatan dari Tuhan, kita tidak akan sanggup untuk tetap tinggal di Yerusalem.

Selama kita tetap di Yerusalem, yang artinya selama kita tetap dekat dalam Tuhan, Tuhan akan memegang tangan kita dengan tangan kanan-Nya yang akan membawa kemenangan.

Jadi dalam segala keadaan hidup kita, dalam persoalan yang banyak kita hadapi. Tuhan mengajarkan kita untuk tidak meninggalkan-Nya, tidak meninggalkan ibadah. Tuhan tidak akan tinggal diam saat melihat anak-anak-Nya hidup dekat dengan Tuhan. Dia akan menolong, Dia akan memberi kekuatan, Dia akan memegang tangan kita dengan tangan kanan-Nya.

Keluaran 23:25 (TB) Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.

Ini adalah firman Tuhan kepada bangsa Israel sebagai janji Tuhan supaya kita tetap setia beribadah, tetap tinggal di Yerusalem. Tuhan akan memberkati segala makanan dan minuman kita bahkan akan menjauhkan segala penyakit dari tengah-tengah kita.

Perhatikan kata “harus”… Kata “harus” berarti tidak boleh berkata tidak.

Ibrani 10:25 (TB) Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. 

Kitapun juga harus saling menasehati supaya kita tetap setia beribadah.

Wahyu 20:15 (TB) Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Wahyu 21:8 (TB) Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua.” 

Wahyu 21:27 (TB) Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu. 

Kesimpulan:

Perintah Tuhan:

  1. Jangan tinggalkan Tuhan
  2. Jangan tinggalkan ibadah

Jadi mari kita tetap setia ada di dalam Tuhan, tetap setia beribadah, jangan tinggalkan Tuhan, maka Tuhan akan selalu menolong kita dalam setiap kehidupan kita dan jika kita tinggalkan Tuhan, tinggalkan Yerusalem maka nama kita tidak akan tercatat dalam buku kehidupan. Dan jika nama kita tidak tercatat dalam buku kehidupan maka kita akan dilemparkan ke dalam lautan api, yaitu hukuman kekal dalam api neraka.

Tuhan Yesus memberkati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *