Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Di Atas Salib Kristus Mengerjakan Keselamatan Dunia

Khotbah Minggu, 08 September 2019

Pembicara : Pdt Peter Bow

Yohanes 5:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup

Tuhan Yesus berkata bahwa barangsiapa mendengar perkataan Tuhan dan percaya kepada Tuhan akan pindah dari dalam maut ke dalam hidup yang kekal.

Kita orang berdosa ini harus menerima hukuman kekal di neraka, tetapi karena keselamatan dari Tuhan Yesus, kita yang tidak layak akan dilayakan oleh kasih Tuhan.

Yohanes 3:16 Firman Tuhan supaya kita percaya kepadaNya sehingga kita diselamatkan

Roma 8:1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

* Mengapa jika percaya Yesus kita dapat diselamatkan:

  1. Karena diatas salib, Yesus mati menggantikan kita yang sudah selayaknya dihukum karena dosa kita. 

Yesaya 53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya,padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. 5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita;ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Tuhan Yesus turun ke dunia sebagai manusia dan rela menanggung hukuman akibat dosa. Waktu di atas salib Allah sedang melampiaskan hukuman ke atas manusia Yesus waktu Dia di atas salib. Segala siksaan dan penderitaan yang di alami oleh Yesus melambangkan penderitaan dan siksaan akibat dosa. Yesus mengalami maut neraka di atas salib karena menanggung hukuman akibat dosa manusia.

Kisah Para Rasul 10:43 Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya.”

Siapa yang percaya Tuhan Yesus akan menerima pengampunan dosa dan diselamatkan.

  1. Karena waktu Tuhan Yesus disalib sedang memperdamaikan kita manusia dengan Allah.

Waktu manusia jatuh dalam dosa, manusia menjadi musuh Allah.

Roma 3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya

Efesus 2:14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,

Permusuhan antara manusia akibat dosa dan mengikut iblis, tetapi Tuhan Yesus yang mati di kayu salib memperdamaikan kita orang berdosa.

2 Korintus 5:18 Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.  19 Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. 20 Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.  21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

Paulus menyampaikan ayat-ayat ini kepada jemaat di Korintus. Mengajarkan orang Korintus untuk memberi diri mereka diperdamaikan dengan Allah.

  1. Waktu Yesus mati di salib, Dia menebus lunas segala dosa kita. 

Markus 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Tuhan Yesus memberikan nyawa-Nya untuk menebus hutang-hutang dosa kita sehingga hidup kita sudah ditebus lunas oleh nyawa-Nya.

Apa yang harus kita lakukan merespon karya penyelamatan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus di atas salib?

  1. Beriman dan percaya penuh kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juruselamat
  1. Mengakui segala dosa dihadapan Tuhan dan bertobat sungguh-sungguh
  1. Jangan lagi berbuat dosa, “Galatia 6:77 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya”
  1. Hasilkan buah pertobatan
  1. Kerjakan keselamatan dengan takut dan gentar, dengan tekun merenungkan Firman Tuhan, tekun beribadah

Tuhan Yesus Memberkati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *