Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Hidup yang penuh dengan Roh Kudus

Khotbah Minggu, 07 Juli 2019
Pembicara : Pdt. Hezron Sibarani

Yohanes 20:19-23
19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!” 
20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. 
21 Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.” 
22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus. 
23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

Setelah Yesus disalibkan dan mati, murid-murid Yesus hidup dalam ketakutan karena sudah tidak lagi bersama Tuhan Yesus.

Saat ini kita pun sering hidup dalam ketakutan karena banyak masalah dalam kehidupan kita. Kita takut akan penyakit, takut karena masalah keuangan dan masalah-masalah lainnya.

Dalam keadaan ketakutan kita pun sering tidak lagi bersungguh-sungguh dalam beribadah, dan sering kali orang bisa meninggalkan Tuhan karena ketakutan.

Kita adalah garam dunia yang bertugas mengasinkan dunia. Tetapi saat kita takut kita seperti garam yang tawar yang tidak ada gunanya lagi.

Saat Tuhan Yesus datang menemui murid-murid-Nya yang sedang dikuasai oleh ketakutan. Dia memberikan damai sejahtera kepada murid-murid-Nya. Tuhan Yesus menghampiri murid-murid-Nya memberikan kekuatan kepada mereka.

Yohanes 20:26
26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!

Ayat 26 menunjukan bahwa Yesus datang lagi memberikan damai sejahtera kepada murid-murid-Nya setelah 8 hari kemudian.

Kisah Para Rasul  4:29
29 Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu.

Saat kita murid-murid-Nya merasa takut dan terancam, mereka berdoa dan minta agar di berikan keberanian yang dari Tuhan.

Kisah Para Rasul 4:31
31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

Mereka juga berdoa dengan sungguh sehingga Tuhan memberikan Roh Kudus agar mereka penuh Roh Kudus dan menjadi berani memberitakan Firman.

Penuh Roh Kudus membuat kita kuat dan berani menghadapi berbagai masalah dan persoalan dalam kehidupan kita.

Kuasa Roh Kudus sangat luar biasa. Ketakutan berubah menjadi keberanian.

Kita penting memiliki keberanian iman, jika keberanian iman timbul, maka kita akan mengalami mujizat. Kita akan melihat kuasa Tuhan dinyatakan atas hidup kita.

Daud bisa mengalahkan Goliat ? Karena Daud berani.

Mengapa Daud menjadi berani? Karena Daud penuh dengan Roh Kudus.

Kita kuat karena ada kekebalan yang kita miliki dalam hidup kita karena kuasa Roh Kudus.

Daniel berani di masukan dalam gua singa karena dia penuh Roh Kudus dan kuasa Roh Kudus menjadi mujizat sehingga singa-singa tidak menyentuh Daniel.

1 Yohanes 4:4
4 Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. 

Roh Allah yang ada di dalam kita kuasa-Nya lebih besar dari roh yang ada di dunia.

Yohanes 14:16-18
16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 
17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

Yatim Piatu adalah suatu keadaan dimana kita kehilangan orang tua kita, kita sendirian. Tetapi Tuhan Yesus memberikan Roh Kudus yang akan menemani kita dalam segala keadaan.
Roh Kudus akan selalu menyertai kita selama-lamanya. Seperti orang tua yang selalu mengasihi anaknya demikian juga Roh Kudus akan mengasihi kita dalam segala keadaan kita.

Hidup tanpa Roh Kudus akan membuat kita menderita. Kita benar-benar membutuhkan Roh Kudus dalam kehidupan kita.

Kisah Para Rasul 1:8
8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Sebagai anak-anak Tuhan kita harus berani menjadi saksi Tuhan dan keberanian hanya akan kita dapat jika kita penuh dengan Roh Kudus.

Mari kita selalu hidup penuh dengan Roh Kudus, tetap setia beribadah dan berdoa, maka kita akan memperoleh kekuatan dari Roh Kudus.

Mujizat akan terjadi jika kita hidup penuh dengan Roh Kudus, amin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *