Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Kemenangan oleh pimpinan Roh Kudus

Khotbah Minggu, 09 Juni 2019
Pembicara : Pdt. Wahyu Seharja

Wahyu 3:21-22
21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya. 22 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

Tuhan ingin setiap anak-anak yang dikasihi-Nya mengamalami kemenangan dalam segala keadaan. Tuhan melalui Roh Kudus-Nya menuntun kita selalu dalam segala kejadian dalam kehidupan kita karena Firman-Nya.

Roh Tuhan selalu ada di dalam kehidupan kita walaupun sering kali kita mungkin tidak merasakan karena kenikmatan dunia.

Firman Tuhan tidak akan dapat kita nikmati jika kita tidak merasakan hadirat Tuhan, yaitu Roh-Nya yang tinggal di dalam kita.

Iman kita akan kuat dan teguh jika Firman Tuhan selalu ada dalam kehidupan kita. Saat kita merenungkan Firman Tuhan siang dan malam maka segala berkat Tuhan akan dicurahkan dalam kehidupan kita.

Roh Kudus membuat kita mampu meraih kemenangan karena kita tetap kuat, tetap setia, tetap memiliki kasih mula-mula kepada Allah.

Wahyu 2:10-22
10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.
11 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua.”

Roh Kudus yang hadir dalam hidup kita memberi kekuatan kepada kita, di saat kita menghadapi pencobaan hidup bahkan di saat kita dalam penderitaan.
Kita dapat kekuatan untuk tetap setia sehingga kita dapat menikmati mahkota kehidupan.

Allah Bapa yang menciptakan dunia dan segala isinya turun ke dunia untuk menyatakan Firman-Nya kepada manusia untuk keselamatan manusia dan akan mencurahkan Roh Kudus-Nya untuk memimpin, menghibur dan memberi kekuatan kepada kita anak-anak-Nya.

Roh Kudus dicurahkan kepada kita agar kita menjadi umat pemenang.

Tetapi sering keadaan kita seperti jemaat di Efesus.
Mereka hidup benar dan berbuat baik, tetapi kasih mereka kepada Tuhan makin merosot.
Mereka kehilangan kasih kepada Tuhan yang mula-mula. Tuhan ingin kita memiliki kasih mula-mula kepada Allah.

Wahyu 2:1-7

Kepada jemaat di Efesus

1 “Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus:
Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu.
2 Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta.
3 Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah.
4 Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.
5 Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.
6 Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, yang juga Kubenci.
7 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat:
Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah.”

Jika diantara kita ada yang mulai merosot kasihnya kepada Allah, sudah tidak lagi menggebu-gebu seperti awal mula kita mengenal Tuhan, Tuhan mengingatkan kita untuk bertobat.

Mari kita sadar bahwa Tuhan ingin kita tetap memiliki kasih mula-mula kepada Allah. Kita butuh pertolongan Tuhan melalui pimpinan Roh Kudus-Nya.

Yusuf dengan pimpinan Roh Kudus mendapat kekuatan untuk tetap setia dalam ujian iman.

Kejadian 39:7-10
7 Selang beberapa waktu isteri tuannya memandang Yusuf dengan berahi, lalu katanya: “Marilah tidur dengan aku.”
8 Tetapi Yusuf menolak dan berkata kepada isteri tuannya itu: “Dengan bantuanku tuanku itu tidak lagi mengatur apa yang ada di rumah ini dan ia telah menyerahkan segala miliknya pada kekuasaanku,
9 bahkan di rumah ini ia tidak lebih besar kuasanya dari padaku, dan tiada yang tidak diserahkannya kepadaku selain dari pada engkau, sebab engkau isterinya. Bagaimanakah mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berbuat dosa terhadap Allah?”
10 Walaupun dari hari ke hari perempuan itu membujuk Yusuf, Yusuf tidak mendengarkan bujukannya itu untuk tidur di sisinya dan bersetubuh dengan dia.

Kita perlu Roh Allah bersemayam tinggal dalam kehidupan kita. Maka akan membuat kita:

1. Menjadi pemenang
2. Tetap Setia kepada Tuhan
3. Tetap memiliki kasih mula-mula kepada Tuhan
4. Tetap kuat dalam ujian iman
5. Tetap dapat sabar mengasihi sesama bahkan orang yang telah berbuat jahat

Tuhan memberkati kita! Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *