Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Pencurahan Roh Kudus

Khotbah Minggu, 02 Juni 2019

Pembicara : Pdm. Muradi S

Di dalam Kekristenan ada beberapa peristiwa besar yang selalu diperingati bahkan dengan perayaan yang besar.

  1. Kelahiran Tuhan Yesus yang dirayakan secara meriah setiap 25 Desember.
  2. Peristiwa kematian Tuhan atau Jumat Agung.
  3. Kebangkitan Tuhan
  4. dan Kenaikan Tuhan ke surga.

Setelah kenaikan Tuhan Yesus ke Surga, ada peristiwa penting juga yang disebut hari Pentakosta yaitu hari Pencurahan Roh Kudus.

Minggu lalu saya berbicara mengenai pentingnya Roh Kudus tetap tinggal di dalam kita, agar peristiwa Yudas yang setelah menerima roti dan anggur malah kerasukan roh jahat itu tidak terjadi pada diri kita. Baca Renungannya Disini

Hari ini kita akan kembali merenungkan mengenai Roh Kudus.

Tanggal 30 Mei 2019 lalu, ada jemaat kita yang dibabtis, saat membabtis hamba Tuhan akan mengucapkan “aku membabtis engkau atas nama Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus yaitu di dalam nama Yesus..”

Bapa adalah pribadi Allah yang menciptakan manusia, Anak adalah pribadi Allah yang menyelamatkan dan Roh Kudus adalah pribadi Allah yang menjadi Penolong dan Penghibur yang menyertai kita selama-lamanya. (Yohanes 14:15-17, 26)

Hal pertama yang akan kita bahas disini adalah apa peranan Roh Kudus dalam hidup kita ?

Sebagai Penolong dan Penghibur, apa manfaatnya untuk kehidupan kita ?

Pencobaan di padang gurun

Lukas 4:1-13

1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.

2 Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar.

3 Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.”

4 Jawab Yesus kepadanya: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja.”

5 Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia.

6 Kata Iblis kepada-Nya: “Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki.

7 Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu.”

8 Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

9 Kemudian ia membawa Yesus ke Yerusalem dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah,

10 sebab ada tertulis: Mengenai Engkau, Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau,

11 dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.”

12 Yesus menjawabnya, kata-Nya: “Ada firman: Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”

13 Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik.

  • Manfaat pertama adalah membuat iman kita kuat sehingga tidak mudah jatuh dalam pencobaan.

Hari TUHAN

Yoel : 2:28-29

28 * “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

29 Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.

  • Manfaat kedua adalah membuat hidup kita menjadi berkat bagi orang sekitar kita.

Penuh Roh Kudus bukan hanya untuk diri kita, tetapi harus menjadi berkat bagi orang sekitar kita.

Roma 8:26-27

26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

27 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus

Jika hidup kita penuh Roh Kudus, Roh Kudus akan membantu kita waktu kita lemah, waktu kita tidak mampu berdoa, Dia yang akan menguatkan kita sehingga kita dapat berdoa.

  • Manfaat ketiga adalah membantu kita dalam berdoa dan membuat doa kita sampai kepada Allah.

Otniel

Hakim-Hakim 3:7-11

7 Orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, mereka melupakan TUHAN, Allah mereka, dan beribadah kepada para Baal dan para Asyera.

8 Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel, sehingga Ia menjual mereka kepada Kusyan-Risyataim, raja Aram-Mesopotamia dan orang Israel menjadi takluk kepada Kusyan-Risyataim delapan tahun lamanya.

9 Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan seorang penyelamat bagi orang Israel, yakni Otniel, anak Kenas adik Kaleb.

10 Roh TUHAN menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju berperang, lalu TUHANmenyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim.

11 Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya. Kemudian matilah Otniel anak Kenas.

  • Manfaat yang keempat adalah Roh Kudus akan memberi kita kekuatan untuk mencapai kemenangan.

Hakim-Hakim 14:6

6 Pada waktu itu berkuasalah Roh TUHAN atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing – tanpa apa-apa di tangannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada ayahnya atau ibunya apa yang dilakukannya itu.

Jadi ada 4 hal yang dapat kita peroleh saat Roh Kudus tinggal dalam hidup kita:

  1. Membuat Iman kita Kuat
  2. Membuat hidup kita menjadi berkat bagi banyak orang di sekitar kita
  3. Membantu kita dalam Doa yang penuh kuasa
  4. Memberi kita kekuatan untuk menang.

Yesus menjanjikan Penghibur

Yohanes 14:15-17 dan 26

15 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Syarat menerima Roh Kudus adalah mengasihi Tuhan sehingga kita bisa menuruti segala perintah Tuhan.

Kita tidak akan bisa dipaksa mengasihi Tuhan jika tidak mengalami kasih Tuhan, Kita akan sulit mengasihi Tuhan jika kita jauh dari Tuhan.

Mari kita hidup dekat selalu dengan Tuhan melalui doa, ucapan syukur dan penyembahan yang terus menerus. Saat kita mengasihi Tuhan, Tuhan akan memberikan kepada kita Roh Penghibur yang akan menyertai kita selama-lamanya.

Tuhan Yesus memberkati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *