Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Roh Kudus Diam di dalam kita

Khotbah Minggu, 26 Mei 2019

Pembicara : Pdm. Muradi S

Lukas 22:19-20

19 Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: “Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku.” 

20 Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.

Ayat-ayat ini adalah ayat yang sering digunakan dalam sakramen perjamuan kudus.

Dan di GBIS Perjamuan Kudus adalah salah satu sakramen yang kudus dan setiap jemaat yang mengikuti akan sangat merasakan hadirat Tuhan, bahkan sering kali mujizat terjadi dalam Sakramen Perjamuan Kudus.

Yohanes 13:26 Jawab Yesus: “Dialah itu, yang kepadanya Aku akan memberikan roti, sesudah Aku mencelupkannya.” Sesudah berkata demikian Ia mengambil roti, mencelupkannya dan memberikannya kepada Yudas, anak Simon Iskariot.

Yohanes 13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: “Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera.”

di Ayat 27 ini buat saya sangat mengejutkan karena biasanya setelah menerima perjamuan kudus yang akan kita alami adalah mengalami hadirat Tuhan.

Sedangkan Yudas yang menerima roti dari tangan Tuhan Yesus sendiri malah kerasukan Iblis dan menghianati Tuhan Yesus.

Dan bukan hanya Yudas, yang kelakuannya memang sudah terlihat.

Yohanes 12:3-6

3 Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. 

4 Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata: 

5 “Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?” 

6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya. 

Dari jauh hari pelayanannya Yudas sudah terlihat sangat cinta uang. Sedikit-sedikit uang yang ada dipikirannya.

Tetapi Petrus, salah seorang murid yang sangat dekat dengan Tuhan Yesus, juga tidak lama setelah menerima perjamuan kudus menyangkal Yesus 3 kali.

Yohanes 13:36-38

36 Simon Petrus berkata kepada Yesus: “Tuhan, ke manakah Engkau pergi?” Jawab Yesus: “Ke tempat Aku pergi, engkau tidak dapat mengikuti Aku sekarang, tetapi kelak engkau akan mengikuti Aku.” 

37 Kata Petrus kepada-Nya: “Tuhan, mengapa aku tidak dapat mengikuti Engkau sekarang? Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!” 

38 Jawab Yesus: “Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.”

Mereka sama-sama menerima perjamuan kudus langsung dari tangan Tuhan Yesus.

* Mengapa bisa seperti itu?

Matius 12:43-45

43 “Apabila roh jahat keluar dari manusia, ia pun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya. 

44 Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapi teratur. 

45 Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini.”

Siapapun kita, jika kita hanya bersih tersapu dan rapih teratur dalam kehidupan kita sebagai orang Kristen, tetapi kosong tanpa Roh Kudus, maka kita akan mengalami nasib yang sama seperti Petrus yang menyangkal Yesus, bahkan seperti Yudas yang menghianati Yesus demi uang.

Kita perlu Roh Kudus.

Roma 8:8-11  

8.Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. 

9.Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. 

Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

  1. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.
  2. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.  

Jika kita hidup dalam daging, maka tidak mungkin kita bisa berkenan kepada Allah.

Kita butuh Roh Kudus.

Jika kita tidak memiliki Roh Kristus maka kita bukan milik Kristus.

* Bagaimana kita bisa dapat memiliki Roh Kudus. Bagaimana Roh Kudus bisa betah diam dalam hidup kita?

Kisah Para Rasul 1:4

4  Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang – demikian kata-Nya – telah kamu dengar dari pada-Ku

  1. Tetap tinggal dalam Tuhan. 

Kita dilarang jauh dari Tuhan.

Alkitab menggunakan kata dilarang untuk mempertegas bahwa kita tidak boleh jauh dari Tuhan.

  1. Hidup mengasihi Tuhan.

Yohanes 14:15-17

Yesus menjanjikan Penghibur

15 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. 

16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 

17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Yohanes 1:32-34

32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: “Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. 

33 Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. 

34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah.”

Tanpa Roh Kudus kita tidak mungkin berkenan kepada Allah. Tanpa Roh Kristus kita bukan milik Kristus.

2 hal harus kita lakukan untuk dapat menikmati hidup dalam Roh:

  1. Jangan tinggalkan Tuhan.
  1. Hidup mengasihi Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *