Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Rencana Indah dari Tuhan

Khotbah Paskah

Minggu, 21 April 2019

Pembicara : Pdt. Wahyu Seharja

Ayub 42:1-2
Maka jawab Ayub kepada TUHAN:  “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu,
dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.

Ayub menghadapi ujian dan cobaan yang sangat berat, padahal Ayub adalah seorang yang takut akan Tuhan.

Jika kita hanya membaca sebagian dari kitab Ayub ini, mungkin kita akan berpikir jika Tuhan itu tidak baik.
Tetapi kalau kita membacanya sampai akhir, kita akan melihat bahwa rencana Tuhan itu indah diluar apa yang mampu kita pikirkan.

Begitu juga rencana Tuhan dalam peristiwa penyaliban Tuhan Yesus.
Begitu sulit kita memahami rencana Tuhan dalam penderitaan Tuhan Yesus.

Kasih adalah jawabannya. Rencana Tuhan adalah kasih buat kita semua.

Lukas 23:34 Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya

Perkataan ini diucapkan Tuhan Yesus pada waktu Dia tergantung di kayu Salib. Karena kasih-Nya Tuhan Yesus memberi contoh untuk mengampuni orang yang bersalah kepada kita.

Rencana Tuhan untuk menyelamatkan manusia sudah dinubuatkan sejak jaman Perjanjian Lama seperti tertulis dalam kita Yesaya.

Dalam kitab Matius 20 dibawah ini, Tuhan Yesus sudah mengingatkan kepada murid-Nya mengenai rencana penyaliban Tuhan Yesus.

* Pemberitahuan ketiga tentang penderitaan Yesus

(Markus 10:32-34; Lukas. 18:31-34)

Matius 20:17-19 Ketika Yesus akan pergi ke Yerusalem, Ia memanggil kedua belas murid-Nya tersendiri dan berkata kepada mereka di tengah jalan: 18 “Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. 19 Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.”

Tuhan Yesus sudah merencanakan sejak dahulu kala untuk penyelamatan manusia. Rencana yang akan membuat Yesus masuk dalam peristiwa penyaliban untuk rencana agung keselamatan manusia.

(Matius 20:17-19; Markus 10:32-34)

Lukas 18:31-34 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu berkata kepada mereka: “Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan segala sesuatu yang ditulis oleh para nabi mengenai Anak Manusia akan digenapi. 32 Sebab Ia akan diserahkan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, diolok-olokkan, dihina dan diludahi,
33 dan mereka menyesah dan membunuh Dia, dan pada hari ketiga Ia akan bangkit.” 34 Akan tetapi mereka sama sekali tidak mengerti semuanya itu; arti perkataan itu tersembunyi bagi mereka dan mereka tidak tahu apa yang dimaksudkan.

Allah juga punya rencana pada kita semua sebagai pengikut Kristus. Rencana yang akan digenapi Tuhan dalam kehidupan kita apapun yang kita alami sekarang ini.

Kita akan melihat suatu hari nanti rencana Tuhan yang indah dalam hidup kita.

Mazmur 68:1-2 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. Nyanyian.
2 Allah bangkit, maka terseraklah musuh-musuh-Nya,
orang-orang yang membenci Dia melarikan diri dari hadapan-Nya.

Kebangkitan Tuhan Yesus adalah lambang kemenangan buat kita anak-anak Tuhan.
Kematian akibat dosa sudah dikalahkan oleh Kebangkitan Kristus.

1 Korintus 15: 54-56  Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: “Maut telah ditelan dalam kemenangan.
55 Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?” 56 Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat

Kuasa Kebangkitan adalah suatu kuasa yang ditaruh dalam kehidupan kita sehingga kita akan beroleh kemenangan.

1 Korintus 15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Dengan kuasa Kebangkitan yang kita miliki karena kita percaya dan menjadi pengikut Tuhan kita akan tetap kuat, tidak goyah dan tetap semangat dalam pekerjaan Tuhan.

Dengan kuasa kebangkitan Tuhan Yesus kita diberi kemenangan untuk tetap maju dan tidak mudah jatuh dalam berbagai pencobaan.

Kuasa kebangkitan Tuhan yang kita miliki akan membuat kita menikmati pemeliharaan Tuhan. Dalam persekutuan kita dengan Tuhan jerih lelah kita tidak sia-sia.

* Yesus menampakkan diri kepada Tomas

Yohanes 20:24-31 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.
25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”
26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”
27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”
28 Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”
29 Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Maksudnya Injil ini dicatat
30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Berbahagialah kita yang tidak melihat namun percaya. Karena iman kita percaya akan kebangkitan Tuhan.
Untuk percaya akan kuasa Tuhan sering kita tidak bisa. Seringkali keadaan dunia membuat kita merasa ragu akan Kuasa Tuhan. Tetapi Firman Tuhan di Kitab Yohanes berkata:

Yohanes 20:29 Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.

Dengan Percaya kita akan menikmati kemenangan dari Tuhan dan menikmati kuasa Kebangkitan.

* Kebangkitan Yesus
(Markus 16:1-8; Lukas 24:1-12; Yohanes 20:1-10)

Matius 28:1-10 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu. 2 Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya. 3 Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju. 4 Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.
5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.”
8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: “Salam bagimu.” Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
10 Maka kata Yesus kepada mereka: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.”

* Perintah untuk memberitakan Injil
Matius 28:16-20  Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.
17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
18 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
19 * Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Ada 4 hal yang kita pelajari dari renungan kita ini adalah:

1. Tuhan punya rencana indah buat kita apapun keadaan kita saat ini.
2. Tuhan memberikan Kuasa Kebangkitan untuk memberikan kita kemenangan atas kutuk dosa dan kemenangan menikmati berkat.
3. Tuhan mau kita percaya sungguh akan kuasa Tuhan dan jangan pernah ragu akan kuasa Kebangkitan Tuhan Yesus.
4. Tuhan Yesus lah yang punya kuasa di bumi dan sorga sehingga kita harus melakukan perintah Tuhan untuk memberitakan injil.

Selamat Paskah. Tuhan Yesus Memberkati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *