Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Dipilih untuk Berbuah dan Siap Diberkati

Khotbah Minggu, 14 April 2019

Pembicara : Pdt. Wahyu Seharja

Yesaya 41:8-10
8 Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku, hai Yakub, yang telah Kupilih,
keturunan Abraham, yang Kukasihi;

9 engkau yang telah Kuambil dari ujung-ujung bumi dan yang telah Kupanggil dari penjuru-penjurunya, Aku berkata kepadamu: “Engkau hamba-Ku, Aku telah memilih engkau dan tidak menolak engkau”;

10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau,
janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Khotbah minggu lalu (lihat disini) berbicara mengenai Israel dipilih oleh Tuhan dan Tuhan tidak menolaknya.

Tuhan telah memilih kita, sebagai anak-Nya.
Bapa Abraham dipilih oleh Tuhan, dipakai oleh Tuhan untuk menjadi saluran berkat Tuhan bagi semua anak-Nya.

Tetapi sebagai anak pilihan Tuhan, kita juga dihadapkan kepada pilihan.
Mau pilih kutuk atau berkat, mau pilih dosa atau hidup berkenan kepada Allah.

Yohanes 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.
17 Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.”

* Mengapa Tuhan memilih kita?

Ayat ayat ini menjawab bahwa Tuhan pilih kita, bahkan menetapkan kita agar kita menghasilkan buah.

Jadi Tuhan mau kita menghasilkan sesuatu, yaitu buah. Buah yang terus-menerus berbuah. Buah apa yang Tuhan mau ? Hidup kita menjadi berkat. Supaya kita mempunyai sesuatu untuk dapat menjadi berkat bagi orang di sekitar kita.

Ayat 17 perintah Tuhan adalah supaya kita mengasihi orang lain. Dengan saling mengasihi, hidup kita menghasilkan buah yang dapat memuliakan nama Tuhan.
Bahkan Tuhan ajarkan kita untuk mengasihi musuh kita, mengasihi orang yang membenci kita.

Ayat 16, jika kita yang sudah dipilih dan menghasilkan buah, saat kita datang kepada Tuhan untuk meminta, Tuhan akan memberikannya kepada kita.
Saat kita menjadi orang pilihan Tuhan yang menghasilkan buah doa kita akan menjadi doa yang penuh kuasa.

1 Petrus 2:9-10
9. Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
10.kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

Kita dipilih menjadi umat kepunyaan Allah, sebagai umat yang kudus dengan tujuan. Yaitu untuk memberitakan perbuatan Allah yang besar.

Kita orang yang tidak layak, banyak dosa dan kesalahan dalam hidup kita, tetapi Tuhan memilih kita untuk menguduskan kita sehingga kita menjadi milik Tuhan.

Yohanes 17: 17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran

Dengan kuasa Firman Tuhan, umat pilihan Tuhan dikuduskan dari hari ke hari. Firman Tuhan berkuasa untuk membersihkan kita dari segala dosa pelanggaran kita.
Jadi mari kita sebagai umat pilihan Tuhan untuk menikmati Firman Tuhan yang diberikan kepada kita dalam setiap kesempatan hidup kita.
Setelah kita dikuduskan melalui Firman Tuhan, kita akan dapat melakukan tugas kita yaitu menghasilkan buah, kasih dan memberitakan perbuatan Tuhan yang besar sehingga Nama Tuhan dipermuliakan.

Galatia 3:13-14
13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”
14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Perbuatan Tuhan yang besar yang Tuhan sudah lakukan dan terus menerus Tuhan berikan untuk kita, yaitu mengganti kutuk menjadi berkat, hukum dosa di neraka diganti menjadi selamat dalam Tuhan.
Setelah dipilih, kita dikuduskan, menghasilkan buah, yaitu buah kasih dan memberitakan Tuhan yang berikutnya adalah Tuhan memberkati kita.

Yesaya 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu;
Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Galatia 3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Kita menerima berkat Abraham, berkat keturunan, berkat jasmani dan terutama berkat iman yang kuat seperti Abraham.

Mari kita sebagai umat pilihan Tuhan, tetap setia beribadah, setia berdoa, setia mendengarkan Firman Tuhan, maka kita akan dapat melakukan tugas kita untuk menghasilkan buah. Setelah tugas kita lakukan maka kita adalah orang yang siap untuk menikmati berkat Tuhan.
Mari kita jadi orang-orang pilihan Tuhan yang selalu siap andalkan Tuhan, siap melakukan tugas dan siap diberkati. Amin!

Ayat-ayat tambahan:

Yeremia 17:5
Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! 

Galatia 3:8-9
8 Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: “Olehmu segala bangsa akan diberkati.”
9 Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu

Matius 9:37 Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.
38 Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *