Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Hidup Dekat Dengan Tuhan

Khotbah Ibadah Kaum Pria

Kamis, 14 Maret 2019

Pembicara : Pdt. Budi

Sering kali kita mengucapkan kata bersyukur, dengan kata-kata saja.
Sehingga sepertinya tanpa kesungguhan.

Saat kita merasakan bersyukur yang sungguh kepada Tuhan, tanpa kata kata sedikitpun tetapi hati terus menerus mengucapkan syukur dan air mata bisa terus berlinang.

Tanpa punya waktu pribadi kita dengan Tuhan, sebagai kaum pria, sebagai kepala keluarga, kita tidak akan pernah punya kekuatan.

Saat Musa memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir, mereka punya satu tujuan, yaitu mencapai tanah Kanaan dengan memandang kepada Tuhan.

Hanya dengan memandang kepada Tuhan, bangsa Israel tidak akan pernah bisa mencapai tujuan mereka yaitu tanah perjanjian.

Orang banyak mencari Tuhan
Yohanes 6:22-26 (TB) Pada keesokan harinya orang banyak, yang masih tinggal di seberang, melihat bahwa di situ tidak ada perahu selain dari pada yang satu tadi dan bahwa Yesus tidak turut naik ke perahu itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan bahwa murid-murid-Nya saja yang berangkat. 
Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya.
Ketika orang banyak melihat, bahwa Yesus tidak ada di situ dan murid-murid-Nya juga tidak, mereka naik ke perahu-perahu itu lalu berangkat ke Kapernaum untuk mencari Yesus.
Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya: “Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?”
Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.

Dari cerita di atas orang-orang mencari Tuhan bukan karena sungguh-sungguh mencari Tuhan.

Mereka mencari Tuhan karena mereka sudah dapat makanan dan kenyang. Atau dengan kata lain mereka mencari Tuhan hanya karena berkat jasmani.

Jika kita mencari Tuhan dengan sungguh, jika kita benar-benar bergantung pada Tuhan, maka Tuhan akan mencukupkan kita tanpa kita minta sekalipun.

Cari Tuhan dengan Firman Tuhan, dan setiap ayat Firman Tuhan yang kita baca akan seperti benih yang mulai bertumbuh. Semakin banyak Firman yang kita baca akan semakin banyak buah yang tumbuh.

Kisah Para Rasul 3:1-6 (TB) Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah.
Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung. Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah. 
Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah. 
Mereka menatap dia dan Petrus berkata: “Lihatlah kepada kami.” 
Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka. 
Tetapi Petrus berkata: “Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!” 

Orang yang lumpuh disembuhkan oleh rasul Petrus bukan dengan emas dan perak tetapi dengan Nama Yesus.

Betapa indahnya jika kita hidup bergantung pada Tuhan Yesus.

Bukan bergantung pada emas dan perak.

Yohanes 6:27-29 (TB) Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.”
Lalu kata mereka kepada-Nya: “Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?”
Jawab Yesus kepada mereka: “Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”

Jika yang kita cari emas dan perak, itu hanya sesuatu yang sementara.

Bekerjalah bukan untuk hal-hal jasmani, tetapi Tuhan ajar kita bekerja untuk makanan yang dapat bertahan sampai kepada hidup yang kekal.

Pekerjaan yang dikehendaki Allah adalah percaya kepada Tuhan Yesus. Bergantung penuh kepada Tuhan Yesus.

Jangan cari Tuhan karena urusan roti, tetapi cari Tuhan karena Tuhan adalah Roti Hidup.

Urusan roti itu urusan kecil buat Tuhan. Tetapi kita datang mencari Yesus yang adalah Roti Hidup.

Mulai hari ini kita belajar mencari Tuhan bukan untuk hal jasmani, bukan hanya mencari berkat jasmani.
Tetapi Cari Tuhan karena kita rindu akan hadirat-Nya, menikmati hadirat-Nya.

Tuhan pasti akan tunjukan kuasa-Nya dan pasti tidak akan dipermalukan.

Tuhan Yesus memberkati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *