Pengumuman Jadwal Ibadah Selama Masa Transisi PSBB... Ibadah Minggu akan dilakukan 2x.. Pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB... Info lengkap klik / ketuk tulisan ini

Di Merdekakan Untuk Berbuah

Khotbah Ibadah Natal Kaum Wanita & Kaum Pria

Kamis, 20 Desember 2018

Pembicara : Ibu Eva Eka Suita Margiasih

 

Lukas 1:26-38 (TB) Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, 
kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. 
Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”
Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. 
Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. 
Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”
Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?” 
Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.
Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.” 
Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

Maria sangat terkejut menerima Kasih Karunia dari Tuhan yang disampaikan melalui malaikat Tuhan.
Kasih Karunia yang ia terima ini bukan dalam bentuk berkat jasmani, tetapi Tuhan memberitahukan bahwa Maria mengandung, padahal ia belum menikah dengan tunangannya.

Sebagai manusia, Maria tidak bisa menerima hal ini. Tetapi suatu iman yang luar biasa bahwa Maria menyerahkan hidupnya untuk dipakai sesuai kehendak Tuhan.

Ada 3 hal yang kita dapat dari ayat-ayat yang kita baca tadi.

1. Maria mengenal siapa yang akan dikandungnya.

Maria mendengarkan dengan sungguh pesan Tuhan melalui malaikat Tuhan.

Maria tahu bahwa bayi yang akan dikandungnya, yaitu:
Yesus –> Juruselamat semua umat manusia
Yesus –> Firman yang menjadi manusia
Yesus –> Raja diatas segala raja

Lukas 1:31-33 (TB) Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”

2. Maria menyambut/merespon pesan Tuhan dengan sangat amat baik.

Lukas 1:38 (TB) Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

Respon Maria terhadap Firman Tuhan yaitu menyambut dan Menerima FirmanNya

3. Maria melakukan sesuatu.

Setelah mengenal siapa Yesus yang akan dikandungnya, menerima pesan Tuhan, lalu langkah berikutnya adalah Maria melakukan pesan Tuhan itu.

Setelah malaikat Tuhan pergi meninggalkan Maria, dia lakukan pesan Tuhan itu. Maria menjaga tanggung jawab itu dengan sungguh. Maria melakukan bagian yang Maria harus lakukan. 

Melakukan perintah Tuhan dengan menjaga hati, pikiran dan ucapan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Tuhan telah menebus kita dari dosa, dan telah memerdekakan kita dari hukum dosa. Kita yang telah menerima dan percaya Yesus maka kita telah dimerdekakan dan dibebaskan dari hukum dosa.

Yohanes 15:8 (TB) Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *